Informasi sayembara, ajang, kompetisi, kontes dan lomba di Indonesia

Informasi sayembara, info lomba, kompetisi, ajang dan kontes di Indonesia. Info lomba terbaru, sayembara arsitektur, lomba blog, lomba desain, lomba fotografi, lomba video, lomba menulis, lomba ide gagasan, kompetisi olahraga, lomba olimpiade, dan aneka lomba

Sumber: Informasi sayembara, ajang, kompetisi, kontes dan lomba di Indonesia

Free Download Antivirus Panda Cloud Antivirus Free Edition v1.5

Free Download Panda Cloud Antivirus v1.5

Free Download Panda Cloud Antivirus v1.5

Panda Security kembali membuat gebrakan dengan merilis Panda Cloud Antivirus Free Edition yang saat tulisan ini diterbitkan sudah beredar dengan versi 1.5. Panda Cloud Antivirus adalah Antivirus yang bebas untuk di-download dan bebas pula untuk dipakai, termasuk update database virus yang dilakukan secara otomatis melalui software Cloud Antivirus ini. Tentu saja jika Anda mampu untuk membayar, Panda Security juga menyediakan versi berbayar alias PRO Lisence.

Meskipun Panda Cloud Antivirus Free Edition ini bebas untuk kita pergunakan, namun kehebatannya tidak perlu diragukan. Baru-baru ini Panda Cloud Antivirus Free Edition dianugerahi penghargaan “Excellent 5 Star” dari softpedia. Penghargaan ini meliputi cara upgrade software yang otomatis dan transparan, perbaikan dalam penggunaan sumberdaya sistem, kecepatan pemindaian, dan perbaikan dalam rata-rata tingkat pendeteksian malware.

Apakah Cloud Antivirus?

Virus-virus baru memang selalu bermunculan setiap waktu, sehingga percuma saja kita memasang antivirus yang tidak ter-update. Namun, Panda Antivirus memiliki konsep “Cloud computing” yang artinya software ini menggunakan sumberdaya internet. Manfaatnya akan sangat terasa apabila komputer selalu terhubung dengan internet. Dengan konsep “Cloud Computing” maka proses update diambil alih oleh Panda Security pada server-server mereka, sehingga kita tidak perlu melakukan update berkala seperti yang biasa dilakukan pada Software Antivirus Tradisional. Ketika kita terhubung dengan internet maka Panda Security akan langsung melakukan update terhadap Antivirus yang terinstall di komputer kita. Bahkan lebih dari itu, sebagian proses dilakukan secara online, sehingga apabila ada masalah yang tidak dapat terpecahkan, Panda Antivirus akan menawarkan bantuan yang dapat diakses secara online pada waktu itu juga. Enak, bukan? Sudah Free, diurusin pula.

Hal ini sangat berbeda dengan antivirus konvensional, di mana aplikasi Antivirus harus terpasang di setiap PC. Proses pemindaian harus dilakukan secara rutin dengan memanfaatkan tenaga PC itu sendiri dan menggunakan database virus yang sudah ter-update sebelumnya. Proses update pun harus dilakukan secara terus-menerus agar Antivirus tetap sakti untuk bisa menangkal virus-virus baru.

Masalahnya adalah proses pemindaian terkadang memakan daya PC terlalu banyak, dan tidak semua orang rajin melakukan update antivirus secara berkala. Nah, dengan cloud antivirus, maka permasalahan ini tidak akan kita temui lagi. Komputer Anda hanya bertugas untuk memindai dan kemudian melaporkannya ke server Panda Security. Proses “penyembuhan” dilakukan oleh Panda di servernya yang berada di “awan”. Jika terdapat gangguan yang tidak terpecahkan, antivirus ini akan memberikan solusi dalam situsnya.

Saat dalam keadaan offline, antivirus ini tetap bisa memindai file dan folder dari ancaman virus. Hanya saja saat ditemukan permasalahan, Anda mesti menghubungkannya dengan internet guna dikirim ke server dan memecahkan permasalahannya. Hal inilah yang membuat antivirus ini tetap ringan dan cepat.

Panda Cloud memiliki pendekatan unik dalam melindungi PC. Karena berbasis cloud, antivirus ini terasa ringan, cepat, dan bebas perawatan. Namun sama seperti aplikasi berbasis cloud lain, kemampuan Panda Cloud menurun drastis ketika tidak terhubung ke internet.

Panda Cloud Antivirus sendiri memiliki komunitas yang berasal dari seluruh penjuru dunia dan saling membantu mengatasi permasalahan virus yang ada. Mereka akan saling mengumpulkan informasi dan berkolaborasi dalam melaporkan penyebaran virus terbaru. Dalam waktu singkat, virus tersebut sudah dapat teridentifikasi sehingga solusi yang didapat bisa lebih cepat.

Situs Download:
http://www.cloudantivirus.com/en/

Bagaimana Menjaga Anak Berselancar di Internet

 

anak-anak bermain dengan laptop

Anak-anak bermain dengan laptop (sumber: picasaweb.google.com)

Bagi anak-anak, berselancar di dunia maya bisa jadi sangat menyenangkan. Internet penuh dengan hal-hal baru yang belum tentu bisa didapatkan di lingkungan sehari-hari ataupun di sekolahnya. Internet bisa jadi sangatlah bermanfaat dan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Putra-putri Anda dapat mencari berbagai macam informasi yang berharga dari jutaan situs yang tersebar di seluruh dunia.

Namun, ibarat sebuah hutan belantara, Internet bisa menyesatkan penggunanya jika tidak memiliki cukup pedoman dalam menjelajahinya. Apalagi anak-anak merupakan kelompok yang paling potensial untuk dijadikan korban kejahatan dunia maya. Anak-anak juga penuh rasa ingin tahu yang dapat terpenuhi jika mereka mencarinya di internet.

Namun, Internet juga bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi bisa sangat bermanfaat, namun di sisi lain bisa jadi menjerumuskan anak-anak pada hal-hal yang tidak bisa Anda bayangkan sebelumnya. Alih-alih mendapatkan informasi dan pengetahuan baru, anak Anda malah bisa saja terjerumus masuk ke situs-situs dewasa yang tidak layak untuk mereka lihat.

Sebagai orangtua yang baik, Anda tentu bisa menemani anak-anak Anda beselancar. Mengenalkan mereka pada berbagai hal baru dan sekaligus membantu mereka menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Namun, tentu saja Anda tidak dapat mendampingi anak-anak Anda terus menerus. Sebagai orang tua yang bekerja di kantor, Anda tentu tidak dapat memperhatikan kegiatan putra-putri Anda saat mereka mengakses Internet. Menyerahkan pengasuhan kepada pembantu pun bukan solusi yang baik karena dalam hal menjelajah internet, mungkin putra-putri Anda justru “lebih pintar” dari pembantu.

Beberapa tips berikut mudah-mudahan dapat membantu Anda menjaga putra-putri tercinta terhindar dari kejahatan internet sekaligus menjelajah dengan aman di tengah hutan belantara internet.

Kapan Pantasnya Anak Diperkenalkan pada Internet ?

Sedini mungkin Anda dapat memperkenalkan mereka pada internet. Berapa kira-kira usia yang tepat untuk memperkenalkan internet kepada anak-anak ? Tentu tidak ada penelitian yang dapat dijadikan patokan pada usia berapa anak Anda dapat diperkenalkan pada dunia internet. Namun, tidak ada salahnya pada usia dua tahun sekalipun putra-putri Anda dapat mulai diperkenalkan kepada komputer, termasuk dunia internet.

Saat Anda sedang berselancar di dunia maya, anak-anak dapat Anda ajarkan pada hal-hal baru yang mungkin belum pernah dilihatnya di dunia nyata. Anda dapat memperlihatkan aneka binatang, kendaraan, atau apapun yang dapat menjadi topik menarik bagi anak Anda.

Kekayaan dunia maya dapat membantu Anda untuk memperkenalkan beraneka foto binatang yang belum tentu bisa mereka dapatkan di kebun binatang sekalipun! Berkunjung ke kebun binatang tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda dan anak Anda, namun tentu hanya bisa Anda lakukan dengan jadwal yang sangatlah jarang. Dengan bantuan internet mereka dapat diperkenalkan pada aneka satwa dengan jadwal yang dapat Anda sesuaikan sendiri dan tanpa harus berdesak-desakan di Kebun Binatang, bukan ?

Tunjukkan gambar aneka pemandangan yang belum tentu bisa mereka lihat setahun sekali. Carilah foto lingkungan pedesaan yang hanya mereka lihat saat Anda berlibur ke luar kota, demikian halnya foto pemandangan pantai, pegunungan, atau suasana kota dengan gedung-gedung pencakar langit yang megah. Atau bisa juga Anda kenalkan mereka pada hal-hal lain. Dengan cara yang sama Anda dapat mengenalkan aneka benda, beragam bentuk, berbagai kendaraan darat, laut, dan udara. Singkat kata, ajarkan kepada mereka manfaat positif dari komputer dan internet.

Bantulah Anak Anda Menyelesaikan Tugasnya

Seiring dengan bertambahnya usia putra-putri Anda, maka peran orang tua pun semakin berkurang. Dahulu, Anda yang mengenalkan mereka pada manfaat internet. Maka, ketika mereka sudah bersekolah, mereka dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itu, ajarkanlah kepada mereka untuk dapat menyalakan komputernya sendiri dari mulai menyolokkan kabel, menghidupkan komputer, menyalakan modem, membuka koneksi internet, browsing, sampai bagaimana membuat account email di situs layanan email. Dengan demikian, tugas Anda lebih ringan ketika mereka sudah membutuhkan komputer dan internet.

Ketika anak-anak Anda sudah bersekolah dan tugas sekolah sudah mulai membebani mereka, maka Anda dapat membantu mereka untuk mengenal mesin pencari. Ajarkan kepada mereka bagaimana caranya mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Anda juga dapat membantu mereka belajar lebih giat dengan menunjukkan situs-situs tutor yang banyak tersebar di belantara internet. Tapi, hati-hatilah agar anak Anda tidak menjadi plagiat yang hanya menyalin bahan dari internet tanpa memprosesnya lebih lanjut. Ajarkanlah untuk menghargai karya orang lain dan tetap bersemangat untuk membuat karya mereka sendiri. Tanamkan kreativitas pada benak mereka agar mereka tidak hanya mencontek, melainkan menghasilkan karyanya sendiri.

Pada usia berapapun Anda kenalkan mereka pada dunia internet, pengawasan dan perlindungan tetaplah harus menjadi perhatian utama. Biasakanlah untuk selalu mengajarkan manfaat positif dari keberadaan internet.

Tempatkan Komputer di Ruang Terbuka

Apakah Anda meletakkan posisi komputer di sudut ruang kerja ? Kali ini, cobalah pertimbangkan untuk memindahkannya di tengah ruang keluarga. Dengan demikian, Anda dapat mengawasi putra-putri Anda selama mereka menggunakan fasilitas internet. Dengan meletakkan komputer di tengah ruang keluarga, maka seluruh anggota keluarga dapat melihat berbagai aktivitas yang dilakukan oleh putra-putri tercinta selama di depan komputer. Sudah bukan rahasia lagi jika anak-anak banyak yang senang datang ke warnet karena tempat duduknya tertutup dan kerahasiaan sangat terjaga.

Dengan menempatkan komputer di tengah keluarga, dapat membantu Anda untuk membimbing mereka mengenal internet dengan baik dan aman. Bukankah saat mereka menonton tayangan di televisi pun membutuhkan “Bimbingan Orang tua” ? Ingatlah bahwa internet adalah hutan belantara yang di dalamnya terdapat situs-situs yang sangat bermanfaat, tapi banyak pula situs yang jahat. Dengan bimbingan Anda maka mereka akan mampu menyerap nilai-nilai positif dari keberadaan internet.

Tugas Anda selanjutnya adalah mengajari mereka menggunakan email. Ajarilah mereka bagaimana manfaat email yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang mereka kenal atau mungkin yang ingin mereka hubungi. Di samping itu, Anda juga dapat mengajarkan kepada mereka agar tidak membuka sembarang email yang masuk untuk mencegah virus dan spam. Jangan lupa pula untuk memperingatkan mereka agar menolak ajakan chatting dan membeberkan identitas pribadi atau keluarga kepada orang-orang yang sama sekali tidak mereka kenal. Bukankah tidak jarang kita mendengar berita tentang penculikan yang dilakukan karena ajakan yang berawal dari chatting di media jejaring sosial tertentu ?

Ya, dengan menempatkan posisi komputer di ruang terbuka, maka kesempatan Anda untuk membimbing mereka akan jauh lebih banyak ketimbang membiarkan mereka asyik sendiri dengan komputer di pojok ruangan. Biasakan untuk mengajak mereka berdiskusi secara santai dan terbuka selama mereka melakukan aktivitas berinternet. Anda bisa pula meminta anak Anda untuk menceriterakan apa saja yang mereka lakukan selama di depan komputer, browsing ke mana saja, chatting dengan siapa, atau siapa saja temannya yang saling berkirim email.

Pasang filter di Komputer Anda

cybersitterBeruntunglah, saat ini pemerintah sudah bekerja keras untuk melindungi warganya dari kejahatan internet. Pemerintah telah membentuk Nawala Project yang bertugas menyaring konten yang tidak layak dibuka. Nawala Nusantara adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan situs negatif. Proyek ini akan membantu Anda untuk menyaring jenis situs-situs negatif yang tidak sesuai bagi putra-putri Anda. Selain itu, Nawala Nusantara juga akan menyaring situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware (software jahat), situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.

Kemajuan teknologi memang telah memudahkan manusia untuk mencapai tujuannya. Namun, kemajuan teknologi juga membuat Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat melindungi putra-putri Anda dari hal-hal yang belum layak untuk mereka buka. Dahulu, orang tua kita cukup memeriksa tas sekolah putra-putrinya jika mereka mencurigai sesuatu. Maklumlah, buku “stensilan” biasanya beredar dari tangan ke tangan di kalangan anak sekolahan. Sekarang, hal-hal semacam itu bisa sangat mudah didapat di internet bahkan dengan jumlah yang tak terbayangkan. Lebih dari itu, gambar dan video pun dengan mudah dapat mereka peroleh. Oleh karena itu, memasang filter penyaring mutlak diperlukan untuk melindungi putra-putri Anda tercinta.

Banyak pilihan perangkat lunak penyaring (baca: Parental Control Software) yang dapat Anda gunakan, baik yang berbayar maupun yang gratis. Contohnya Net Nanny yang bisa Anda unduh dari situsnya: www.netnanny.com atau Cyber Sitter dari situs: www.cybersitter.com bisa pula Kids Watch Time Control dari situsnya : www.kidswatch.com . Perangkat lunak ini dapat Anda percaya untuk melakukan tugas menyaring situs-situs yang dianggap berbahaya. Namun, tentu saja masing-masing memiliki fitur yang beragam dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada salahnya apabila Anda mencoba memasang perangkat lunak penyaring ini agar mengurangi resiko bahayanya internet.

Namun, Anda tentu tidak dapat mempercayakan internet yang bersih dan sehat melalui berbagai upaya tadi, bukan ? Perangkat lunak penyaring biasanya bekerja setelah masyarakat melaporkan situs situs berbahaya tadi pada organisasi mereka. Padahal, setiap hari selalu bermunculan situs-situs baru yang bermuatan negatif. Oleh karena itu, sebagai orang tua sudah sewajarnya apabila kita sering memeriksa apa saja yang ada di dalam komputer yang biasa dipergunakan oleh putra-putri tercinta. Hanya dengan bimbingan Andalah mereka kelak akan dapat menyaring apa yang layak dan benar-benar mereka butuhkan. Sudah menjadi tugas kita untuk membimbing putra-putri kita agar dapat memanfaatkan internet dengan baik dan tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif. Filter apapun tidak akan efektif jika Anda tidak turut mengawasi kegiatan putra-putri Anda. ■<kursusprivat.com>

Bahan Ajar Multimedia Interaktif

Bahan Ajar Praktikum Multimedia Interaktif, silahkan diunduh di sini:

Flash Interaktif – Hadi Sutopo